Cpx24.com CPM Program

Mini Review One Piece Chapter 808 & 809

Sebelumnya saya minta maaf sudah sekitar dua minggu tidak mengupdate blog ini karena kesibukan perkuliahan hehe. Untuk review kali ini saya beri judul mini review karena hanya membahas tentang inti-inti apa saja yang saya tangkap dalam chapter 808 dan 809. Maklumlah kalau direview secara keseluruhan dan mendetail akhirnya saya yang nggak sanggup karena sudah ketinggalan dua chapter (crying). Langsung saja ya nakama, selamat membaca!  :)
 
1.      “Jack the Drought”

Terjawab sudah, sosok Mammoth misterius yang terlihat dalam chapter sebelumnya adalah wujud penuh dari buah iblis zoan milik Jack. Sebenarnya sudah tidak mengejutkan melihat banyaknya fans yang sudah memprediksikan kekuatan Jack ini (saya tidak termasuk, karena saya mencoba menyanggah terori yang banyak beredar ini hehe, untuk selengkapnya bisa dilihat di review chapter sebelumnya). Yang mengejutkan bagi saya justru berasal dari title yang sedikit agak nyeleneh, yang Oda sematkan pada karakter ini, Captain of the Mammoth “Jack the Drought”.

The drought” disini memiliki arti tandus (berdasarkan alih bahasa oleh Mangaku). Selain itu, setelah saya cari dalam kamus, “the drought” ini juga berarti kekeringan atau bisa juga diartikan sebagai musim kemarau. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Jack dijuluki sebagai si pembawa kekeringan (?). Kembali muncul pertanyaan, kenapa Jack bisa mendapatkan julukan seperti itu? Apakah karena kekuatan khusus dari buah iblisnya

Banyak yang sudah menyangkut-pautkan julukan Jack ini dengan kekuatan buah iblis zoan yang dimilikinya. Banyak yang berpendapat bahwa buah ancient zoan Mammoth ini memiliki kekuatan khusus, layaknya mythical zoan phoenix milik Marco (yang memiliki kemampuan khusus dalam regenerasi). 

Menurut saya penjelasan tentang julukan ini justru lebih sederhana. Kita lihat saja wujud Mammoth yang begitu besarnya, tentu dengan mudah dapat menghancurkan apapun yang dilewatinya. Ditambah dengan kepribadian Jack yang tanpa basa-basi memang suka menghancurkan apapun yang menghalanginya, rata sudah apapun yang ada di sekitarnya haha. 

Jadi, itulah menurut saya yang mendasari julukan Jack, karena apapun yang dilewatinya menjadi rata dengan tanah seperti wilayah yang kekeringan, maka dari itu Jack mendapat julukan si Tandus. Simpler is greater (lol). Tapi tidak menutup kemungkinan juga apabila si Jack ini ternyata mempunyai awakening yang mampu menyebabkan kekeringan di sekitarnya.
 
2.      Jack si Manusia satu Miliar Berry
Bounty yang super fantastis. Bounty terbesar sampai saat ini yang pernah ditulis oleh Oda. Diketahui bounty Jack sebesar satu Miliar Berry saat salah satu anak buahnya menyebutkan bahwa Jack adalah bajak laut terkenal dengan Bounty 1.000.000.000 Beri. Ya saya sangat tidak maenyangka. Mungkin tidak hanya saya yang terkejut dengan bounty sebesar itu, menembus angka satu miliar (padahal biasanya bounty yang ditunjukan untuk bajak laut terkenal sekalipun hanya mencapai angka ratusan juta). Sebenarnya apa yang membuat harga buronan seorang Jack bisa sefantastis itu?

Jack memang terlihat kuat dengan Ancient Zoannya Mammoth yang dimilikinya. Namun, bila dikatakan Jack sangatlah kuat sehingga mendapatkan bounty sebesar itu menurut saya terlalu berlebihan. Ada beberapa kejadian yang menurut saya menunjukkan bahwa Jack mungkin tidak akan mendapatkan bounty tersebut apabila hanya mengandalkan kekuatannya. Lihat saja Jack dengan pukulan belalainya yang dengan mudah ditahan oleh Inuarashi.

Atau barangkali kejadian saat Jack dengan mudahnya dibanting oleh sang Master, Nekomamushi?

Tidak menutup kemungkinan bahwa Jack bisa lebih kuat lagi dengan form (bentuk) sempurna dari buah iblis Zoannya, mengingat saat ini yang ditunjukan baru sebatas form Mammoth yang dimilikinya. Namun, hal ini tidak melemahkan argumen saya bahwa Jack tidak mendapatkan bounty tersebut dari kekuatannya sendiri, karena dikatakan bahwa Jack beserta kawanannya kewalahan melawan suku Mink apabila tidak menggunakan senjata gas beracun buatan Caesar Clown. Apakah dengan demikian Jack layak mendapatkan harga buronan sebesar itu?

Satu yang perlu digarisbawahi disini adalah kemenangan pasukan Jack atas Suku Mink yang ternyata menggunakan senjata gas beracun milik Caesar. Saya setuju dengan pendapat salah satu admin Nathanistic yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar bounty Jack naik menembus satu Miliar setelah dia memiliki senjata tersebut. Dengan senjata ini, Jack semakin sering merusuh dan menghancurkan pulau-pulau tak berdosa. Angkatan laut bukannya tidak tahu-menahu tentang permasalahan ini. Namun, mungkin karena saat itu Caesar masih berada di bawah perlindungan Doflamingo yang bertitle Sichibukai, maka Angkatan Laut tidak bisa berbuat apa-apa selain menambah Bounty Jack. 

Kemungkinan kedua, harga buronan Jack melambung naik mungkin dipengaruhi oleh bounty Bossnya, ya, Kaidou The Beast. Masuk akal apabila harga buronan Kaidou lebih dari satu Miliar karena Kaidou adalah salah satu Yonkou yang merupakan salah satu dari penguasa lautan New World. Kembali ke bahasan, karena Jack disebutkan sebagai tangan kanan Kaidou maka seperti apapun ulah Jack (suka membuat onar dan kerusuhan sebagaimana karakternya), maka Angkatan Laut akan berpikir seribu kali untuk menangkapnya. Sehingga, jalan satu-satunya untuk menghentikan ulah Jack ini adalah dengan memasang harga buronan setinggi mungkin dan berharap ada orang ataupun bajak laut lain yang akan menghentikannya dan membawa Jack ke hadapan Angkatan Laut.

3.      Penyerangan Mokomo-Dukedom
Kepanikan warga Mokomo tak terbendung ketika melihat makhluk kuno “Mammoth” beserta segerombolan bajak laut tiba-tiba menyerang kota mereka. Para pengacau yang datang berhasil menjebol gerbang dan menumbangkan para penjaga. Tanpa banyak basa-basi Jack dkk langsung menyampaikan maksud kedatangannya, yakni mencari Raizo. Suku Mink yang tak tau-menau pun hanya bisa menatap dengan penuh kebingungan, hingga ada salah seorang Mink monyet tua yang mencoba memberikan penjelasan, namun akhirnya hanya mendapat pukulan telak dari belalai Jack. Dari sini terlihat karakter Jack yang tak suka basa-basi, tak mau pikir panjang, serta ceroboh. 

Sebuah fakta terlihat dari perkataan Sheepshead dalam gambar di atas, bahwa ini adalah pertama kalinya Jack dkk menginjakkan kakinya di pulau Zou dan mengetahui keberadaan suku Mink. Tanpa berbekal pengetahuan tentang latar belakang dan kemampuan suku Mink, Jack dkk (disini regu pleasures) dengan percaya diri langsung menyerang. Naasnya, suku Mink berbalik melawan dengan melontarkan serangan listrik mereka, alhasil regu pleasures ini tumbang.

Ya, pada chapter sebelumnya memang sudah diperlihatkan kemampuan suku Mink yang menggunakan listrik untuk bertarung, seperti yang Carrot gunakan saat melawan Zoro. Fakta yang mengejutkan, ketika kemampuan bertarung dan penguasaan elemen listrik ini tak hanya milik para prajurit Mink. Diungkapkan bahwa orang yang terlihat lemah (bahkan seorang anak kecil) sekalipun memiliki kemampuan bertarung tersebut. Suku Mink disebutkan terlahir sebagai petarung. Amazing!.

Kembali ke jalan cerita, Mink Monyet tua (yang menerima pukulan telak dari belalai Jack) mencoba bernegosiasi kembali. Namun, seperti yang bisa diperkirakan, Jack menolak mentah-mentah tawaran tersebut. Kali ini yang beraksi adalah regu Gifters yang dikepalai oleh Sheepshead. Sedikit berbeda dari regu Pleasures, regu Gifters disini berisikan orang yang sebagian tubuhnya adalah campuran bagian tubuh hewan (?). Suku Mink sedikit tercengang melihat hal tersebut, tetapi pertarungan sengit tak bisa dihindari lagi, perlawanan untuk menjaga wilayahnya harus dilakukan.

Oiya, sedikit trivia, pandaman kembali muncul pada halaman pertama chapter 808 loh haha. Jika dihubungkan dengan alur cerita One Piece, kemungkinan pandaman juga merupakan suku Mink jenis panda. Just IMO hehe.

4.      Duke Inuarashi dan Master Nekomamushi
Duke Inuarashi seperti yang banyak diperkirakan berwujud seekor anjing, namun yang diluar dugaan ternyata ukuran tubuhnya jauh lebih besar bila dibandingkan Mink lain. Inuarashi tampak berwibawa dengan baju perangnya, selain itu dirinya juga terlihat bijaksana karena lebih mengedepankan diplomasi dalam menghadapi permasalahan. Inuarashi seperti Mink anjing lainnya juga terlihat ngiler saat melihat tulang (Brook) haha.

Di sisi lain, Master Nekomamushi tampil lebih santai dengan bakiak (sandal kayu) serta pakaian yang dikenakannya, sekilas terlihat seperti penampilan Jimbei. Namun, penampilannya yang santai ini tidak menutupi kegarangannya, jauh diluar ekspektasi saya. Dalam bayangan saya sosok seorang Master Nekomamushi tak jauh berbeda dengan Inuarashi (karena notabene mereka berdua adalah seorang Raja) yaitu berwibawa dan bijaksana (lihat saja King Cobra di Alabasta dan King Riku di Dressrosa), ternyata disini Oda ingin menggambarkan sosok pemimpin lain yang tampil lebih berandalan (lol).


Selain terlihat lebih berandalan, secara karakter sang Master juga lebih agresif dan bringas, terlihat tak suka bertele-tele sama seperti Jack. Secara ukuran, Nekomamushi juga berukuran lebih besar daripada Mink lain. Ada yang mengatakan Master Nekomamushi adalah dari jenis kucing Maine Coon, yang menjadi pertanyaan adalah apakah Nekomamushi juga akan ngiler apabila melihat manusia ikan (Gyojin) mengingat dirinya adalah Mink kucing? Haha.

Dalam sejarahnya, dikatakan bahwa Inuarashi dan Nekomamushi dulunya adalah sepasang teman yang cukup akrab. Mereka juga diceritakan pernah pergi berlayar bersama di lautan, hingga akhirnya mereka berdua pernah bertemu dengan Shanks. Namun, karena sebab yang belum diketahui, mereka berdua kemudian menjadi musuh. Saking sengitnya permusuhan mereka, dikatakan bahwa apabila Inuarashi dan Nekomamushi bertemu maka sudah pasti akan terjadi perkelahian. Kerusakan yang ditimbulkan oleh perkelahian tersebut pun berbanding lurus dengan besarnya kekuatan mereka, mengingat keduanya adalah Minkmen dengan kekuatan terbesar.

Untuk menghindari hal tersebut, mungkin dibuatlah sebuah kesepakatan diantara keduanya, yaitu sistem shift atau lebih tepatnya adalah pembagian kekuasaan berdasarkan waktu tidur. Inuarashi mendapat bagian tidur pada pukul 6 Petang hingga pukul 6 subuh, jadi dia berkuasa pada siang hari. Dan sisanya, Master Nekomamushi harus tidur pukul 6 Subuh hingga pukul 6 Petang, sehingga dirinya berkuasa pada malam hari. Dengan pembagian jam tidur ini, tentunya mereka berdua tidak akan bertemu. Uniknya, kesepakatan ini ternyata juga mempengaruhi jam tidur dari para Mink lain yang berada di bawah kekuasaannya.

5.      The Musketeers dan The Guardians
Dalam menjalankan kekuasaannya, masing-masing Raja (Inuarashi dan Nekomamushi) ternyata mempunyai pasukan khusus. Pasukan Duke Inuarashi disebut The Musketeers, sedangkan pasukan Master Nekomamushi disebut The Guardians.

Pasukan Duke Inuarashi meniru konsep Pasukan Musketeer yang tenar di zaman dulu. The Musketeer dikenal sebagai pasukan yang terlatih dan mempunyai dedikasi yang tinggi untuk patuh kepada Raja. Pasukan Musketeer ini dipimpin oleh tiga Musketeer terkuat yang diketuai oleh Mink Singa bernama Sicilian, sedangkan dua lainnya adalah Mink Serigala dan Mink Zebra. Dalam sejarah Perancis Musketeer ini merupakan pengawal kerajaan yang berada di luar istana.


Sedangkan, jika merujuk pada sejarah Perancis maka Pasukan Nekomamushi kemungkinan mengambil konsep Guardians yaitu Garde du Corps (korps Guardian) yang bertugas sebagai penjaga dalam kawasan istana. Dengan begitu jelas sudah pembagian peran para penjaga masing-masing Raja, Musketeer melindungi Mokomo Dukedom yang berada di sisi luar, sementara Guardians melindungi Hutan Paus (istana?) yang berada di sisi dalam. Jika pasukan Musketeer dipimpin oleh Trio Musketeer, maka kemungkinan pasukan Guardians juga dipimpin oleh tiga orang berseragam guerilla yang salah satunya saya yakin adalah Pedro.

Nampaknya pada chapter minggu depan kita akan diperlihatkan wujud asli dari tangan kanan Kaidou ini. harapan saya untuk chapter minggu depan masih sama, semoga ditampilkan petunjuk tentang keberadaan dan bagaimana keadaan Sanji, hehe. Sekian postingan saya kali ini, bagi yang ingin meninggalkan komentar dipersilahkan. Saya sangat menghargai masukan dari nakama sekalian. Berhubung chapter minggu ini libur, untuk postingan selanjutnya saya akan sharing teori-teori seputar Arc Zou, jadi silahkan ditunggu. Arigatou Gozaimasu minna :)
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Brilian iLma
admin
December 13, 2015 at 7:25 PM ×

Review nya mantap gan..
Bagi penggemar onepiece yang menyukai teka-teki/ misteri silahkan mampir ke http://indonesianriddle.blogspot.co.id/
Blog Riddle paling fenomenal abad ini :v
Mengungkap rahasia dibalik cerita-cerita sederhana.
Temukan keanehan di setiap kalimat, pecahkan teka-teki seru yang update tiap harinya.
Ajak otakmu untuk beraktivitas!

Reply
avatar
Brilian iLma
admin
December 13, 2015 at 7:30 PM ×

http://indonesianriddle.blogspot.co.id/

Yang merasa detektiv, masuk .

Reply
avatar
Thanks for your comment