Cpx24.com CPM Program

Monkey D. Garp sang Pahlawan Angkatan Laut


Monkey D. Garp, yang merupakan salah satu penyandang gelar D. dalam serial One Piece ini merupakan kakek dari karakter utama One Piece, Monkey D. Luffy dan Portgas D. Ace (kakek angkat). Secara garis keturunan Garp juga diketahui sebagai ayah dari Pimpinan Pasukan Revolusi, Monkey D. Dragon. Garp sempat mengasuh keduanya sebelum akhirnya dia menitipkan mereka pada Dadan sang Perompak Gunung. Dalam cerita, Garp juga mengangkat Coby dan Helmeppo sebagai muridnya di angkatan laut dan mereka berdua juga mempunyai hubungan dengan Luffy. Saya meyakini bahwa dimasa depan nanti mereka (terlebih Coby) akan menjadi lawan yang tangguh bagi Luffy dan anggota Straw Hat Pirates lainnya.

Sewaktu berada di Angkatan Laut, Garp memiliki jabatan sebagai Vice Admiral (Wakil Admiral/Laksamana Muda). Saat ini ia mengundurkan diri dari statusnya tersebut bersamaan dengan Sengoku, setelah perang Marine-Ford berakhir. Bersama Sengoku, Whitebeard dan Shiki, Garp merupakan salah satu tokoh utama yang berpengaruh saat Raja Bajak Laut Gol D. Roger masih hidup. Dikisahkan bahwa Garp pernah berkali-kali memojokkan Roger di lautan, dan karena keberaniannya melawan bahkan menangkap para penjahat besar Garp kemudian dijuluki Pahlawan Angkatan Laut. 

Kemunculan dan Penampilan Garp 


Garp pertama muncul saat ia bersama Coby dan Helmeppo, dimana dia yang akan menerima pemindahan tahanan (Kapten Morgan). Ketika pertama kali diperkenalkan, Garp dimunculkan dengan mengenakan tudung kepala berbentuk anjing (dulu saya pernah penasaran dengan sosok Garp ini, hehe). Seperti yang terlihat pada tudung kepalanya, Garp memiliki tema hewan anjing.

Garp digambarkan sebagai orang tua berotot yang tinggi dan berjenggot. Selain itu, Garp juga memiliki bekas luka di mata kirinya, yup tanda khas yang diberikan sang maestro, Eiichiro Oda kepada para karakternya. Ada sedikit perpedaan tentang penampakan Garp di manga dan anime, yakni warna rambutnya. Dalam manga rambut Garp digambarkan berwarna putih, sedangkan di animenya diberikan warna abu-abu. 
Ketika ia masih kecil, Garp sangat mirip Luffy, meskipun tampaknya ia lebih berotot. Sebagai anak kecil, ia mengenakan kemeja tropis yang tidak dikancingkan dengan celana pendek, mirip dengan penampilan cucunya tersebut. Dia terlihat memegang staf pipa dan membawa sebuah peti harta karun saat mengendarai harimau yang dijinakkan. Dalam gambaran masa kecil Garp ini pula terlihat bahwa ia telah memiliki bekas lukanyatersebut, tapi ia telah memiliki dalam masa-masa kecilnya. 

Karakter Garp 

Jika dibandingkan dengan kepribadian Luffy, bisa dibilang Garp sedikit lebih cerdas, walaupun terkadang dia juga bersikap aneh (lol). Layaknya orang tua pada umumnya, diceritakan bahwa Garp memiliki sifat pelupa (pikun). Garp juga memiliki tempramen yang tinggi, ia tidak dapat menerima alasan (salah satu kebiasaan buruk) dan terkadang suka memaksakan kehendaknya (seperti memaksa Luffy untuk masuk angkatan laut).

Garp memiliki kebiasaan yang sama dengan Ace, suka tiba-tiba tertidur saat sedang melakukan suatu aktivitas haha. Sama seperti kedua cucunya, bisa dibilang Garp juga rakus dan suka makan. Ia sangat menyukai kerupuk, donat dan nasi, walaupun sebenarnya dia juga bisa memakan apa saja yang bisa dimakan. (lol)
Secara pribadi, saya melihat Garp adalah orang yang berjiwa bebas. Ia pernah beberapa kali menolak dipromosikan menjadi Admiral, karena menurutnya menjadi Vice Admiral lebih baik. Perlu dicatat disini bahwa dengan menjadi seorang Admiral (seseorang yang pengkatnya lebih tinggi) maka tanggung jawabnya kemungkinan besar akan mengurangi fleksibilitasnya untuk melakukan apa yang ia sukai). 

Garp merupakan karakter yang sangat setia dengan angkatan laut, namun dia juga memiliki rasa keadilan sendiri. Pada akhirnya Garp juga tidak sanggup untuk bertarung melawan Luffy saat terjadi insiden di Marine Ford berlangsung. Rasa kesetiaannya pada angkatan laut tak bisa menutupi ikatan dan perasaan dirinya pada cucunya tersebut.

Garp si Tinju Besi
Garp adalah Vice Admiral legendaris yang telah memojokkan Gol D. Roger berkali-kali di lautan lepas. Garp dijuluki sebagai "si Tinju besi" karena tinjunya sangat kuat, sehingga dapat melontarkan meriam sekalipun. Pertama kali ia memperlihatkan kemampuannya adalah ketika Garp bertemu Coby dan Helmeppo yang ada di kapal tahanan, ketika itu, Morgan berusaha melarikan diri dan menghujamkan kapak ke tubuhnya. Garp kemudian bangun beberapa saat kemudian ketika Coby akan menyelamatkan Helmeppo dengan menembakkan meriam, Garp mencegahnya dengan meninju meriam sampai bengkok. Ketika ditanya kenapa dia bisa terbangun, dia hanya menjawab "Ketika diserang tadi aku tertidur". Sungguh kekuatan pukulan yang luar biasa bukan?


Garp adalah petarung tangan kosong yang hanya mengandalkan kekuatan tinjunya. Namun, sampai saat ini belum pernah diperlihatkan bagaimana dan seberapa besar kekuatan Garp yang sesungguhnya. Garp pernah menangkap dan menjebloskan Kinjishi-no Shiki, musuh bebuyutan dari Gol D. Roger, ke dalam Impel Down. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Garp memiliki kekuatan di atas rata-rata.

Diketahui pula bahwa Garp merupakan seorang pengguna Busoshoku haki tingkat atas. Hal ini terlihat saat dia bisa memukul dan menyebabkan Luffy kesakitan, padahal Luffy adalah manusia karet yang tidak mempan dengan pukulan apapun. Dalam arc Dressrossa baru-baru ini juga diceritakan bahwa Garp pernah mengadu pukulannya dengan teknik kepala bor milik Don Chinjao, teknik yang dapat membelah benua es, dan Garp menang telak. 


Lainnya tentang Garp

Garp melatih Luffy dan Ace sejak kecil dengan keras, seperti menjatuhkan mereka ke dalam jurang, meninggalkan mereka di hutan tengah malam dan mengikatnya dengan balon sehingga mereka terbang ke atas semata-mata untuk menjadi seorang pelaut yang hebat. Alangkah terkejutnya Garp,setelah berbagai latihan berat yang diberikannya, mereka berdua malah bercita-cita ingin menjadi bajak laut haha.

Garp juga kelihatannya bersahabat dengan Woop Slap, kepala desa Fusha, desa dimana Luffy tinggal. Dia memiliki sifat sama parahnya dengan keluarganya yang lain, terutama Luffy. Misalnya tertidur di waktu yang tidak tepat, mengupil dan mengucapkan kata kata seenaknya sendiri. Garp juga pernah tiba-tiba mencoba "beraksi", ketika pertama masuk ke Gedung Galley-La Company dengan meninju tembok. Ia melakukannya begitu saja dan berkata itu keren, namun pada akhirnya dia sendiri yang diharuskan menambal temboknya. (lol) Menurut Shirohige, Garp adalah salah satu orang yang masih mengenal "lautan". Di Angkatan Laut, Garp adalah pemimpin dari markas cabang G-3 Grand Line.

Saat perang Marine-Ford berlangsung, Garp seperti tidak bisa berbuat apa-apa. Di satu sisi ia harus membela Angkatan Laut dan melawan para Bajak Laut, tetapi di sisi lainnya ia tidak tega melihat Luffy yang bersusah payah menyelamatkan Ace dari eksekusinya. Pada akhirnya Garp memutuskan hanya duduk melihat dan tak berbuat apa-apa. Ketika melihat Ace tewas di tangan Sakazuki (Akainu), barulah Garp memperlihatkan emosinya dan dia menjadi sangat marah sampai-sampai Garp kehilangan kendali dan ingin membunuh Sakazuki. Namun, hal tersebut gagal karena Sengoku dengan sigap berhasil menghentikan Garp. Setelah insiden tersebut Garp pun memutuskan mengundurkan diri dari angkatan laut.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
November 27, 2015 at 12:06 AM ×

mantap gan... ada uang gratis dr ptc nih

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment